10 September 2013

Lowongan CPNS Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat) 2013 di sipcpns.kemenpera.go.id lulusan S1

Informasi lowongan kerja CPNS september 2013 ini datang dari Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat). Bagaimana tata cara dan syarat Lowongan CPNS Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat) 2013 di sipcpns.kemenpera.go.id lulusan S1. Simak dengan baik informasi di bawah ini :

Informasi, Pendaftaran CPNS Kementerian Perumahan Rakyat

  1. Persyaratan UMUM:
    1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap, dan yang harus dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari POLRES;
    3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain;
    4. Sehat jasmani dan rohani;
    5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    6. Bagi pelamar yang menjadi pengurus/anggota partai politik tertentu, harus bersedia melepaskan kepengurusan/keanggotaannya pada partai politik yang bersangkutan, apabila dinyatakan lulus.

  2. Persyaratan KHUSUS:
    1. Berijazah Sarjana (S1) dan yang berasal dari Perguruan Tinggi/Universitas Negeri atau Swasta yang terakreditasi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional;
    2. Indeks Prestasi (IP) minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) dari skala 4;
    3. Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013 (lahir setelah 30 November 1978);
    4. Menguasai bahasa Inggris, lisan dan tulisan (bersertifikat TOEFL minimal 450);
    5. Tingkat dan Kualifikasi Pendidikan/Program Studi yang dibutuhkan :


  3. PENDAFTARAN:
    1. Para pelamar harus melakukan pendaftaran secara online mulai tanggal 9 September 2013 dan berakhir pada tanggal 23 September 2013 melalui website/situs sipcpns.kemenpera.go.id dan mencetak formulir pendaftaran yang ada sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada website/situs dimaksud untuk diisi dan kemudian dilampirkan dalam berkas lamaran.

    2. Selain mendaftar secara online melalui website/situs tersebut di atas, para pelamar juga diharuskan mengirimkan berkas lamaran (rangkap 1) yang masing-masing memuat persyaratan sebagai berikut:
      1. Form Lamaran yang dapat dicetak (print) dari website untuk diisi sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada form tersebut.
      2. Form Surat Pernyataan yang dapat dicetak (print) dari website untuk diisi dan telah ditandatangani oleh pelamar di atas meterai Rp6.000,00 (enam ribu rupiah).
      3. Fotocopy ijazah S1 berikut transkrip nilai dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang telah dilegalisir oleh Rektor/Dekan atau oleh pejabat yang berwenang di Perguruan Tingginya masing-masing (stempel basah).
      4. Fotocopy Sertifikat Institutional TOEFL yang masih berlaku (6 bulan terakhir), yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa LIA atau lembaga lain yang berwenang.
      5. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar (latar belakang berwarna merah).
      6. Fotocopy KTP yang masih berlaku 2 lembar.
      7. Fotocopy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku yang dikeluarkan dari Dinas Ketenagakerjaan (stempel basah).
      8. Mencantumkan alamat rumah/tempat tinggal yang jelas serta nomor telpon (rumah/hp) yang mudah dihubungi.

    3. Berkas lamaran dimasukan dalam map warna Kuning dan dikirimkan dalam amplop tertutup yang ditujukan kepada "Panitia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013 Kementerian Perumahan Rakyat", dengan alamat PO BOX 6601 JKTM 12700 mulai tanggal 9 September 2013 dan berakhir tanggal 23 September 2013 (stempel/cap pos).

    4. Panitia hanya akan menerima berkas lamaran sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan serta tidak melayani berkas lamaran yang dikirim secara langsung atau sebelum dan setelah jangka waktu tersebut pada butir 3 di atas.

  4. TAHAP SELEKSI
    1. SELEKSI ADMISITRASI
      1. Berkas lamaran yang tidak lengkap dan atau tidak sesuai ketentuan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
      2. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan di web dan diminta mendownload Kartu Ujian melalui akun registrasi masing-masing yang harus dibawa pada saat mengikuti ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD).

    2. TES KOMPETENSI DASAR (TKD)
      1. Hanya peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan membawa Kartu Ujian serta bukti identitas diri asli berupa KTP (sesuai dengan data saat registrasi online) yang dapat mengikuti ujian TKD.
      2. Ujian TKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
      3. Materi ujian TKD terdiri dari : Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi yang dibuat oleh Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri.

    3. TES KOMPETENSI BIDANG (TKB)
      1. Semua peserta yang dinyatakan lulus ujian TKD dapat mengikuti ujian TKB.
      2. Ujian TKB menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK).
      3. Materi ujian TKB berkaitan dengan kompetensi jabatan/pekerjaan yang dilamar.

    4. WAWANCARA
    5. Semua peserta yang dinyatakan lulus ujian TKB akan mengikuti tes wawancara.

Jika anda berminat mengikuti penerimaan CPNS KEMENPERA ini, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui website resminya http://sipcpns.kemenpera.go.id pada tanggal 9 sampai 23 September 2013.

Penting : Tes kompetensi Dasar Ujian CPNS KEMENPERA ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), Jika anda belum mengenal sistem CAT ini, silahkan pelajari dan daftarkan diri anda disini : DAFTAR CAT CPNS.

Persiapkan diri anda dari sekarang, Pengumuman resmi dapat anda lihat disini | CPNS KEMENPERA TAHUN 2013